Kalau Bukan Sekarang..Kapan Lagi?

 

Kenali Penyakit Kanker Kulit!

image by ningsheahmad.wordpress.com
Setelah membahas tentang kanker Esophagus dan Serviks,kali ini kami akan menjelaskan pengertian umum tentang penyakit kanker kulit.jumlah penderita kanker kulit di indonesia tidak sebanyak jenis kanker lain.meskipun,begitu jenis kanker ini selain dapat merubah penampilan kita,juga bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani sedini mungkin.

Kanker Kulit adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang abnormal dan tidak terkendali.terdapat pada lapisan sel skuamosa,basal dan melanosit.biasanya akan nampak pada lapisan terluar atau epidermis.sehingga gejala kanker ini dapat dikenali ketika benjolan atau tumor tumbuh.

Gejala awal yang bisa dikenali adalah seperti munculnya benjolan,adanya kutil yang tumbuh dan juga perubahan yang terjadi pada warna kulit.

Penyebab Kanker Kulit

- Paparan Radiasi
- Faktor Usia
-Penyalahgunaan Bahan Kimia atau Kosmetik
- Faktor Keturunan

Jenis-Jenis Kanker Kulit

- Karsinoma Sel Basal
  Ciri-cirinya adalah munculnya benjolan kecil,
halus dan keputihan yang ada di lapisan kulit.umumnya pada bagian tubuh yang biasa terkena sinar matahari seperti tangan,kaki,punggung dll jenis kanker kulit ini disebabkan karena DNA rusak yang terjadi ketika mendapat paparan sinar yang tidak sehat.

-Kursinoma Sel Skuamosa
  Merupakan salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya.pada kulit penderita akan terlihat kemerahan dan bagian kulit sedikit terangkat.kadang bisa membuat bersisik,tebal dan menyebakan pendarahan.kanker kulit ini dapat menyebar ke organ lain melalui aliran darah dan kelenjar getah bening.paparan sinar matahari yang berbahaya dituding penyebabnya.

-Melanoma Maligna
  Jika dirangking dari jenis kanker kulit yang paling berbahaya.kanker kulit melanoma maligna ini adalah jawaranya setelah kanker kulit sel skuamosa.sel-sel kulit bagian pigmentasi akan diserang kanker kulit melanoma maligna dengan melewati jalur darah dan getah bening.dan bisa menular ke bagian organ tubuh lainnya.ketika kanker sudah mengganas salah satu cara pengobatan yang bisa dipilih antara lain;operasi,kemoterapi dan terapi radiasi.

Pencegahan terhadap Kanker Kulit

- Memakai krim matahari ketika berada di bawah sinar matahari yang terik.oleskan pada bagian tubuh yang terkena langsung sinar matahari.
-Hindari penggelapan kulit
-Hindari sinar matahari yang terik
-Konsumsi Makanan yang sehat
-Cek rutin kondisi kulit



Comments :

0 comments to “Kenali Penyakit Kanker Kulit!”

Post a Comment

Entri Populer

Flag Counter Check PageRank